Banjir terjadi akibat dari tingginya curah hujan, sedangkan hujan terjadi melalui proses air yang menguap karena panas sinar matahari kemudian uap tersebut berkumpul menjadi awan. Kumpulan awan ini lama-kelamaan akan jatuh menjadi hujan.

12184992_454799741391113_3550552555676010085_o

Kalau kita tahu tahapan-tahapan bagaimana bisa terjadi banjir, artinya kita juga bisa menggunakannya sehingga kita bisa mengalami apa yang disebut BANJIR ORDER.  Berikut adalah tahapan yang harus kita lewati agar kita bisa BANJIR ORDER

1.Air Menjadi Uap 

Proses air menjadi uap akan terjadi kalau ada panas sinar matahari. Semakin panas sinar matahari maka akan semakin cepat air menguap. Panasnya sinar matahari ini adalah proses kerja keras yang harus kita lalui, memang ada banyak teori yang mengatakan bahwa kita harus bekerja cerdas (work smart ) tapi work smart juga harus diimbangi dengan work hard.  Inilah tahapan ketika kita berjuang memperkenalkan produk kita, membuka jaringan, seperti seorang petani yang membuka lahan sebelum memulai untuk menanam.  Jika Anda hanya berleha-leha maka jangan pernah berharap Anda akan bisa mendatangkan ”hujan” 

2.Uap Menjadi Awan

Setelah Anda bekerja keras maka apa yang Anda kerjakan akan mulai berbuah. Dari 100 orang calon prospek yang Anda punya mulai ada beberapa yang tertarik dan membeli produk Anda. Pada tahapan ini belum terjadi ”hujan” tetapi lebih kepada tahapan sedikit demi sedikit pelanggan mulai percaya kepada Anda. Inilah tahapan dimana Anda harus membangun kepercayaan yang diberikan pelanggan dengan baik. Semakin lama pelanggan-pelanggan yang puas dan percaya kepada Anda akan semakin banyak. Kalau Anda bisa mengelola tahap ini dengan baik maka hal itu seperti awan yang makin lama makin banyak dan siap menjadi hujan.

3. Awan Menjadi Air Hujan

Pelanggan yang puas biasanya tidak akan berdiam diri, mereka akan menyampaikannya kepada relasi dan teman-teman mereka akan apa yang mereka alami. Contohnya adalah kalau Anda pernah makan di suatu restaurant yang enak, kira-kira apa yang Anda lakukan? Biasanya Anda akan memberi tahu teman-teman Anda agar mereka juga bisa merasakan kenikmatan masakan dari restaurant tersebut, bukan? Inilah yang disebut dengan REFERENSI, makanya tidak aneh kalau ada sales person yang jualannya banyak tapi kelihatannya kurang terlalu aktif mencari order di lapangan (Canvassing) karena mereka telah banyak mendapatkan referensi. Jika Anda sudah sampai di titik ini maka Anda sudah mengalami apa yang dinamakan hujan order yang berlimpah yang tidak lama lagi akan membuat Anda kebanjiran order.

Akhirnya Banjir Order tidaklah datang dengan sendirinya melainkan ada tahapan-tahapan yang harus Anda lewati. Kalau Anda mau mengalaminya maka persiapkanlah diri Anda. Ketika setiap tahapan Anda lakukan dengan baik maka tinggal menunggu waktu Anda akan merasakan nikmatnya BANJIR ORDER.

(Dedy Budiman)