Hampir semua hal-hal besar dimulai dari hal-hal kecil. Prestasi sahabat Nabi yang mendunia-akhirat juga dimulai dari prestasi-prestasi kecil dalam lingkungan-lingkungan kecil pula seperti di rumah sendiri. Jadi ketika para sahabat Nabi tekun beribadah di rumah : shalat malam, membaca Al-Qur’an, puasa sunnah, berdzikir dan lainnya, itulah masa-masa pembibitan prestasi luar biasa mereka.

Beribadah

Para sahabat Nabi Saw juga sangat menyadari hal ini sehingga mereka sama sekali tidak menganggap remeh ibadah-ibadah ritual seperti shalat, berdoa, berdzikir, membaca Al-Qur’an dan lainnya. Karena sadar bahwa prestasi besar mereka hanya akan bisa diraih maksimal bila mereka rutin mengerjakan ibadah-ibadah itu, para sahabat pun menjadi rakus beribadah.

Hal-hal yang membuat mereka menjadi ahli ibadah yang unggul adalah :
1. Mereka sangat mencintai Rasulullah dan sunnahnya.
2. Ketekunan dan rasa khusyuk beribadah membuat mereka akhirnya menemukan kelezatan iman pasti akan mudah menjadi ahli ibadah yang unggul dan luar biasa.
3. Para sahabat merasakan langsung hubungan antara ibadah yang mereka lakukan dengan penerapannya sehari-hari. Itulah sebabnya ibadah mereka menjadi semakin baik dan tindakan keseharian mereka pun jadi makin luar biasa pula.